Cara Terbaik Untuk Mempercepat Loading Blog


Lamanya loading suatu blog dapat dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu: Koneksi para pengunjung, kemampuan server dan ukuran desain halaman yang di buka oleh browser. Loading halaman sebuah blog dapat mempengaruhi peringkat blog anda dari pencarian google nantinya.

Untuk hal yang pertama mengenai koneksi pengunjung blog, untuk koneksi  itu sendiri, jelas itu di luar dari kemampuan anda yang memiliki blog, sedangkan untuk hal yang kedua masih tergantung dengan hosting, apakah anda menggunakan hosting sendiri atau tidak.

Jika anda tidak mempunyai akses ke server atau pengguna jasa gratisan,maka anda harus berlega hati, jika server berulah terhadap blog anda. 

Mungkin tekihat sepele dan kecil kalau kita membahas tentang waktu muat atau kecepatan loading blog. Bagi anda pengguna internet yang memiliki koneksi internet yang besar dan cepat mungkin tidak akan menjadi masalah bila pengguna tersebut mengakses blog yang memiliki waktu muat halaman yang lama pada blog.

Memaksimalkan loading pada sebuah blog merupakan bagian dari praktisi optimai yang cukup memberikan andil, Para ahli SEO sangat memperhatikan kecepatan waktu karan mereka menyadari loading blog lambat akan mendatangkan sejumlah dampak negatif bagi blog mereka.

Cara terbaik untuk mempercepat loading blog adalah dengan membuat yang seringan mungkin, semakin banyak komponen, dan semakin besar ukuran komponen penyusun halaman,maka akan semakin lama waktu muat dari blog anda.
Kebanyakan dari para blogger menjadikan blognya sebagai media sarana mengekspresikandiri mereka untuk menuangkan waktunya menuliskan artikel agar dapat bermanfaat bagi pengunjung.

Untuk sekedar mengingatkan bahwa tips di bawah ini dibuat dengan asumsi  bahwa kecepatan koneksi pengguna, serta kemampuan server yang membuat blog anda tidak bermasalah. Tips di bawah ini juga dibatas untuk pengguna blogspot saja. Untuk pengguna blog atau website yang self hosted, tentu lebih banyak opsi yang banyak di tempuh.

Tips Pertama

Mempercepat loading blog dengan mengurangi HTTP Request
Tips ini merupakan cara untuk mempercepat loading dari blog dengan menggunakan komponen blog seminimal mungkin, untuk setiap komponen yang ada browser akan melakukan request yang memakan waktu loading.

Kita akan umpamakan  seperti, ketika anda mmbutuhkan 400 barang dari sebuah mini market, sedangkan sekali anda jalan.anda hanya bisa membawa 40 barang. Berarti anda harus bolak-balik sebanyak 10x untuk semua barang tersebut. Jika seandainya anda hanya memesan 50 barang saja, pasti anda akan menyelesaikan pesanan anda dala waktu  yang  jauh lebih singkat. Begitu juga dengan blog anda. Ketika anda membuat blog dengan komponen-komponen yang terlalu banyak,maka akan membuat blog anda menjadi lambat atau loading waktu blog anda menjadi lambat.

Tips Kedua

Mempercepat loading blog dengan memperkecil ukuran gambar
Ukuran gambar yang saya maksud di sini bisa dalam pixel maupun dalam KB, Jadi jika anda bisa memperkecil persentase pixel gambar dan menguploadnya atau sekedar menurunkan kualitas gambar dengan ukuran dimensi yang tetap (gambar jadi agak blur sedkit).

Tips Ketiga

Hindari Blog anda dari CSS EXPRESSION
Yang di maksud dengan CSS expression adalah ? CSS yang di gunakan jika anda ingin membuat CSS yang dinamis, misalkan dengan membuat tampilan warna background yang akan berubah setiap jamnya. CSS Expression dapat membuat membuat browser menganalisa halaman berulang kali. Jika anda bayangkan, hanya dengan mengayunkan mouse menyeberangi halaman, browser anda dapat menganalisa halaman hingga ribuan kali. Maka saya sarankan hindari atau gunakan one time expression untuk mengurangi intensitas kalkulasi yang dengan browser anda.

Tips Keempat

Mempercepat waktu loading dengan memastikan semua Style sheet berada pada head section
Dengan melakukan cara ini, anda dapat membuat browser melakukan render dengan sangat cepat dan sangat tepat untuk setiap pengaturan style setiap komponen di dalam halaman tersebut.  Pengaturan style pada body bisa membuat render lebih lambat, atau bahkan jika style sheet ditaruh di bagian bawah halaman, bisa berakibat errornya tampilan, karena browser memblokir proses render untuk mencegah penataan ulang elemen jika style berubah.

Ok, saya rasa cukup sampai di sini dulu perjumpaan kita, semoga apa yang saya dapat sampaikan, dapat bermanfaat buat kalian semua.

No comments:

Post a Comment