Cara Mudah Menghapus Kolom Komentar Blog

Mungkin Sering kita lihat beberapa blog yang tidak ada kolom komentarnya bertebaran di mesin pencari, padahal fungsi kolom komentar itu digunakan sebagai media untuk bisa memberikan pendapat, apresiasi dan masukan terhadap artikel yang dibacanya. Aneh saja bila melihat blog tanpa kolom komentar. Jika anda salah satu yang membutuhkan pembahasan tentang bagaimana caranya menghapus kolom komentar bawaan dari blogger, maka ini adalah artikel yang sangat tepat untuk anda.

Memang ada seorang blogger yang berniat ingin menghapus atau menyembunyikan kolom komentar dari pengunjung blognya ? Tentu pasti ada, lalu apa alasan blogger tersebut mengahapus kotak komentarnya ? tentu saja alasannya pasti berbeda-beda, apa alasanya ?.

Alasan seorang blogger menghapus kolom komentar bawaan blogger sebagai beikut :

Takut dengan Banyak Komentar Spam
Jika memang seorang blogger takut dengan komentar spam, kenapa seorang blogger harus menghilangkan komentar? , seharusnya dapat di tangani dengan Spam Detector atau anda dapat hapus secara manual komentar yang anda nilai sebagai Spam.

Males Menjawab pertanyaan yang ada di komentar
Hal seperti ini pernah masuk dalam pikiran saya untuk menghilangkan kolom komentar, karena di blog download saya banyak komentar request dan caci maki dari para pengunjung blog saya,sehingga saya malas menjawab komentar tersebut, apa lagi komentar perhari yang masuk di blog saya berjumlah puluhan.
Namun setelah saya pikir-pikir, menjadi seorang blogger percuma jika tidak mau menjawab respon berbagai macam komentar, karena ini adalah pekerjaan seorang blogger, maka kita harus dapat menjawab komentar atau respon yang masuk di blog kita.

Agar aman dari Broken Link
Hal ini harus anda perhatikan sebagai seorang blogger, salah satu penyebab di hapusnya blog dari google adalah banyaknya broken link dan biasanya terdapat padalink di sebuah profile komentar. Mungkin takut jika terlalu banyak broken link di komentar, seorang blogger mencopot kolom komentar di blognya.

2 Cara Mudah di Menghapus Kolom Komentar Blog

Cara Pertama

Menghapus Kotak Komentar Melalui HTML Template pada blog
Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus kolom komentar blog :
  1. Masuk terlebih dahulu ke akun blog anda 
  2. Kemudian pilih blog yang ingin anda hapus kotak komentarnya 
  3. Setelah itu masuk ke menu templat,kemudian Klik “ EDIT HTML “ 
  4. Kemudian carilah kode berikut dengan tekan Ctrl + F lalu hapus kodenya 
    <p class='comment-footer'>
    <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
    <b:if cond='data:post.allowNewComments'>
    <b:include data='post' name='comment-form'/>
    <b:else/>
    <data:post.noNewCommentsText/>
    </b:if>
    <b:else/>
    <b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
    </b:if>
    </b:if>
    </p>
  5. Klik Simpan 
Cara Kedua 

Menyembunyikan Kotak Komentar di Blog
Jika cara di atas kurang berhasil maka anda dapat mencoba dengan cara ini, seorang blogger dapat menyembunyikan atau meng-hidden kolom komentar dan beserta komentar-komentar yang sudah ada sebelumnya. Langsung saja silahkan ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini :
  • Login terlebih dahulu dengan menggunakan akun blogspot anda
  • Pilih blog yang akan ingin edit
  • Pilih menu setelan kemudian klik pos dan komentar
  • Pada lokasi sebuah komentar pilih opsi sembunyikan
  • Kemudian simpan setelan

Ok, itu saja yang saya dapat sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuayang membutuhkan.  Sekian dan teima kasih

No comments:

Post a Comment