Cara Ampuh Membangun Portofolio Sebagai Member 99designs

Jika kamu seorang member 99designs tidak memiliki sebuah portofolio yang nantinya dapat mempromosikan hasil karya anda kepada calon pelanggan atau contest holder.

Karena jika anda memiliki sebuah portofolio pastinya akan membantu anda untuk menarik calon pelanggan dan secara tidak langsung juka akan mempromosikan diri anda sendiri. Dengan begitu jika pelanggan tertarik melihat portofolia anda pastinya si contest holder tidak akan ragu untuk menggunakan jasa desain anda.
Cara Ampuh Membangun Portofolio Sebagai Member 99designs


Betapa pentingnya memiliki portofolio sebagai member 99desags dan juga bagaimana cara membuat portofolio dengan baik. Pastinya kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan portofolio dan apa manfaat dari portofolio ?

Membangun profile portofolio

Jangan terlalu berlebihan

Buatlah portofolio dengan desain-desain yang menurut anda menarik untuk di jadikan portofolio kamu, jangan menampilan semua hasil karia yang pernah kamu buat ingat seperti kata di atas jangan berlebihan karena jika desain yang kamu buat di tampilkan semua dalam portofolio makan si contest holder akan melihat kekurangan-kekurangan desain anda.

Jangan mengulang kembali submit portofolio yang sama

Jika kamu seorang desain logo dan sering memasukan berbagai macam-macam logo yang sama dengan logo generic yaitu logo yang sering di gunakan banyak orang tau sudah umum.

Menggunakan fitur pemotongan atau “ CROP “

Sekarang ini 99desain sudah memberikan fasilitas fitur crop yang fungsinya untuk memotong bagian terntentu dari sebuah logo untuk di tampilan. Silahkan anda bisa menggunakan fitur ini agar logo terlihat lebih jelas.
Portfolio itu Ternyata Hidup
Jangan memperlakukan portfolio hanya sebagai backup desain kamu saja, dengan memanfaatkan portfolio bukan berarti kamu tidak merawatnya tanpa mengupdate dan menyeleksi desain lawas untuk diganti, kurang layak dan lainnya yang bisa merusak citra profesional profile akun 99designs kamu. Disarankan untuk selalu menjamahnya dan mencoba mengupdate tampilan porfolio. Lakukan perubahan posisinya, mana desain yang akan ditampilkan pada halaman utama dan posisi awal dan mana desain yang ditaruh pada akhir tampilan. Ini merupakan strategi ampuh juga agar contest holder yang melihat bisa langsung tertuju ke desain terbaik kamu.

Gunakan Judul, Deskripsi dan Tags
Yang perlu kamu ketahui jika seorang klien tidak bisa mampu menebak kira-kira desain kamu itu merupakan jenis apa? untuk apa? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Nah dengan menambahkan Judul, Deskripsi serta tags pada desain portfolio kamu itu akan membantu mereka untuk memahami desain tersebut. Juga sangat penting ketika mereka menelusuri desain menggunakan kata kunci atau keyword yang secara langsung terdeteksi dari penggunaan judul dan tags pada desain kamu itu. Jadi ini sangat diperlukan dan sangat membantu dalam proses pencarian desain.


Detail Desain adalah Segalanya

Sebelum memasukan desain kedalam portfolio, setidaknya kamu bisa memahami dan mampu menjawabnya sendiri.


  • Apakah desain preview yang terlihat kecil itu bisa dibaca dengan sempurna atau haruskah melihatnya menggunakan alat seperti microskop?
  • Apakah anda yakin pewarnaan desain yang mencolok tersebut bisa sempurna saat pencetakan? Warna neon atau hijau lemon tidak bisa sempurna ketika dicetak mengunakan CMYK lho.
  • Apakah Photo Stock yang dalam desain bisa menjadi hak milik klien yang terlisensi?Apakah Saya beresiko dilaporkan jika ditemukan desain yang mirip lainnya dalam portfolio?



Nah teman-teman desainer 99designs, semoga penjelasan di atas dapat membantu untuk meningkatkan hasil portofolio anda. Dan khususnya buat kamu yang berlum memiliki portfolio, silahkan dicoba saja tips diatas dan dapatkan efek positif setelahnya. Dijamin profile kamu akan menjadi pertimbangan utama bagi calon klien atau contest holder. SemangART!

No comments:

Post a Comment