Cara Ampuh Memperbaiki File RAR Yang Rusak Atau Corrupt


Di pertemuan kali ini, saya akan membahas tentang cara ampuh memperbaiki file RAR yang rusak atau corrupt, sebelum masuk ke materi saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya ketika saya mendownload file berukuran 1,4GB setelah menungg lama lebih dari 2 jam saya mendownload file rar tersebut, Setelah saya coba ekstrak file rar tersebut ternyata mengalami corrupt CRC yang menyebabkan gagal atau bisa di bilang tidak dapat diekstrak. Rasanya males dan jengkel ternyata ketika di coba malah corrupt. tapi anda jgn terburu-buru mendelete jika anda mengalami hal yang sama seperti saya, karena file tersebut masih dapat di atasi. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa langkah yang harus anda pelajari. Sebelum anda memperbaiki file yang corrupt tersebut, anda harus mempelajari dulu penyebab file RAR yang tidak dapat di ekstrak.

Beberapa contoh penyebab file RAR yang tidak dapat diekstrak :

  1. File rar yang tidak dapat diekstrak dan rusak, Biasanya terjadi karena anda terlalu lama mendownload dan menyebabkan file tersebut menjadi rusak.
  2. File rar rusak akibat anda tidak pernah update windows pada komputer anda.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah memperbaiki file rar yang unexpected end of archive, rusak atau error, damage dan corrupt  crc :

Langkah Pertama
  • Hal pertama anda klik kanan file yang akan di ekstrak, kemudian pilih extract file.
  • Setelah itu anda beri tanda centang pada bagian KEEP BROKEN FILE, kemudikan klik OK, Selanjutnya  anda coba untuk menjalankan kembali file hasil extract tadi, lihat contoh gambar di bawah ini.

Jika belum berhasil dengan 2 Langkah di atas, anda dapat melakukan langkah berikutnya.

Langkah Kedua
Buka file RAR yang error atau corrupt dengan double klik, maka akan terbuka File RAR anda.

Kemudian pilih menu Tool, setelah itu pilih Repair Archive, dan tunggu beberapa menit hingga proses repair selesai, seperti pada contoh gambar di bawah ini :


Jika proses repair telah selesai, selanjutnya anda ekstrak kembali file RAR anda, dan saya pastikan  file tersebut dapat di ekstrak dan di jalankan di komputer anda.

Langkah Ketiga
  • Memperbaiki File RAR yang Corrupt :
  • Langkah ini menggunakan aplikasi yairu RAR Recovery Toolbox > Home Page dan Donwload Recovery Toolbox for RAR yang bisa anda dapatkan secara mudah.
  • Setelah mendonwload aplikasi tersebut, jalankan tool tersebut untuk memperbaiki file rar yang tidak jalan.
Cara untuk mengekstrak file di winrar yang error (CRC dan Wrong Password) menggunakan RAR Repair Tool v4.0 Full :

Dengan menggunakan RAR Repair Rool : anda dapat membuka file yang error kemudian ke menu tool lalu tekan Alt + R atau dapat memilih perbaikan, Selanjutnya klik tombol Repair pada toolbar.

Pada Dialog yang akan tampil, anda di haruskan untuk menentukan dimana file yang anda perbaiki dapat di simpan di mana, jika anda sudah menentukan klik OK untuk memulai Repair
Ketika file sudah di perbaiki , maka file anda berhasil di ekstrak.

Demikianlah langkah-langkah memperbaiki file RAR yang rusak atau corrupt, semogga bermanfaat buat kalin semua, selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment