Tips Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Untuk hari ini rasanya kurang, kalau saya tidak membahas tentang cara merawat komputer/laptop agar tetap awet dan tidak rusak, banyak cara agar komputer/laptop anda awet dan tahan lama, saya pribadi pasti yakin kalau setiap orang ingin sekali komputer/laptop dapat tahan lama meski harus digunakan selama 24 jam. Kerusakan komputer/laptop selain dari kualitas barang yang anda beli tetapi juga dapat dipengaruhi oleh bagaimana anda merawat komputer atau laptop anda. Sebelum masuk ke dalam materi , Saya juga sudah pernah membahas tentang kerusakan yang ada di dalam komputer/laptop. Untuk merawat komputer/laptop agar awet. Saya sendiri yang akan menerapkan tips-tips yang sangat umum yang memang sering di gunakan, tapi masih sangat terbukti ampuh efeknya.

Berikut ini adalah cara merawat komputer/laptop agar tidak cepat rusak :

Bersihkan segera  CPU Komputer
Bila komputeranda ingin awet selalu, bersihkanlah CPU komputer dengan teratur optimal dalam periode 5-6 bulan sekali. Jika CPU anda tidak dibuat bersih, kotoran dan debu di dalam CPU akan menumpuk dan beresiko pada kerusakan temperatu atau suhu pada komputer anda. Langkah awalnya dengan membuka casing PC kemudian bersihkan debu yang terdapat di motherboard. Untuk memberishkannya dapat menggunakan sikat halus (Kuas Cat). Lakukan ini sepanjang 5-6 bulan sekali.
Janganlah menggunakan internet ketika hujan lebat
Pada umumnya koneksi internet sngatlah punya pengaruh dengan cuaca. Yang saya khawatirkan jika anda memakai internet pada komputer sewaktu hujan, bisa menyebabkan jaringan komputer akan tersambar petir serta beresiko pada komputer anda nanti, sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko.
Aktifkan sistem restore pada komputer
Aktifkan sistem restore juga sangatlah punya dampak pengaruh untuk komputer anda supaya tidak mudah rusak. Langkahnya dengan klik kanan pada icon my desktop komputer, kemudian klik properties tab sistem restore mencari tulisan turn off sistem restore on all drives, untuk menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.
Matikan komputer sesuai dengan ketentuan
Jika ingin komputer anda tidak mudah rusak, jangan pernah mematikan komputer lewat cara yang tidak pantas seperti dengan mencabut kontak listrik pada komputer. Teraturlah jika ingin mematikan komputer dengan menggunakan shutdown. Gunakanlah stavolt untuk menghindari mati listrik mendadak.  Bila anda menggunakan terlalu lama komputer restart lah terlebih dalu, agar seluruh sistem komputer dapat kembali normal. Jika terlalu lama menggunakan komputer, saya khawatirkan sistem komputer anda akan melemah.
Uninstal program yang sama sekali tidak bermanfaat/tidak dipakai
Pada umumnya ruangan hardisk yang terlampau banyak tersita akan membuat lambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya akan terasa lebih berat hungga hardisk akan mudah cepat rusak.
Cermati ventilasi serta pendingin komputer
Ventilasi yang kurang baik akan mengakibatkan panas yang terlalu berlebih hingga bisa membuat komponen komputer akan cepat panas hingga memperpendek umur komponen. Oleh karena itu upayakan jarak pada komputer serta dinding minimum 40 cm. Agar tambah baik, anda juga dapat memasang AC didalam ruang serta pakai cooling fan ekstra didalam CPU.
Gunakanlah kabel ground
Bila casing komputer waktu di sentuh ada aliran listrik, ambillah kabel dengan panjang sekedarnya. Ujung yang satu dikaitkan dengan tubuh CPU (pada casing) sedang ujung yang lain di tanam dalam tanah. Hal semacam ini akan menetralisir arus listrik yang nyasar hingga bisa bikin komponen elektronik lebih awet.

Tips tambahan untuk merawat laptop agar awet dan tahan lama sebagai berikut :

  • Jauhi mengunakan Laptop dalam situasi di atas Kasur
  • Janganlah Menyimpan Benda Di Atas Laptop Terlebih Benda Itu Sangatlah Berat
  • Menempatkan Baterai Saat Laptop Dioperasikan
  • Bersihkan Debu yang Hinggap di Laptop
  • Janganlah Meletakan Benda Cair Di Dekat Laptop
  • Jauhi Mengoperasikan Laptop Di Ruang Yang Bersuhu Panas
  • Jauhi Mengunakan Laptop Sampai Baterai kosong Hingga 0%
  • Jauhkan Benda-Benda Magnet Dari laptop
  • Mengatur tingkat Kecerahan Monitor
  • Nonaktifkan Piranti Eksternal Yang Tak Diperlukan
  • Waktu Mengoperasikan, Upayakan Alas Laptop berupa Permukaan Yang Datar
Hanya ini yang dapat saya sampaikan, jaga dan rawatlah komputer/laptop anda, jika komputer/laptop anda dapat diperhatikan, saya jamin komputer/laptop anda dapat awet dan tidak mudah rusak. Sekian dari saya, sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya. Salam sukses..

2 comments:

  1. Wah min postingan yang bermanfaat sekali sangat membantu,,,,
    Good Job min.....

    jangan lupa juga kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html

    ReplyDelete
  2. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    ReplyDelete