Tips Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan Pada Akun Gmail


Pada sore hari ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keamanan pada akun gmail anda dari serangan hacker jahat atau mengantipasi kejahatan dari cyber yang ingin menggunakan akun gmail anda.  Secara garis besar gmail merupakan terintegrasi dengan semua layanan dari google, jika akun gmail anda dapat di bobol maka sudah dapat di pastikan semua layanan google anda akan dapat di rusak.

Berikut tips meningkatkan keamanan pada akun gmail anda :

“ Jangan pernah anda login ke dalam situs yang mencurigakan dengan akun gmail anda ”
  • Antisipasi ini sangat berlaku untuk semua akun anda di internet, karena sering sekali hacker (penyusup) sengaja mengelabui korban dengan cara mengirimkan tautan agar anda mau ikuta login ke situs jebakan yang mereka buat dan merekam kata sandi dari akun gmail anda, pastikan ketika anda login ke gmail alamatnya adalah mail.google
“ Pastikan gunakan verifikasi dua langkah “
  • Verifikasi dua langkah merupakan keamanan ganda yang membutuhkan verifikasi lain ketika anda login ke dalam akun gmail anda, dengan perangkat berbeda atau browser yang baru anda bersihkan cache dan cookiesnya. Ini adalah cara yang paling mudah mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan menggunakan nomer handphone. Jadi ketika anda akan login ke gmail maka akan dikirimkan kode verifikasi ke nomer handphone anda. Tetapi jangan pernah anda memberikan kode verifikasi kepada siapapun, bahkan bila perlu seseorang yang mengaku dia adalah dari tim Google. Karena jika diperlukan, Google pasti akan bisa masuk ke akun anda kapan pun tanpa meminta kode verifikasi kepada anda.
“ Pastikan anda menggunakan kata sandi yang unik dan panjang “
  • Dengan kata sandi dengan angka dan huruf di klaim lebih mudah untuk di bobol. Agar gmail anda tidak dapat dibobol saya sarankan anda membuat kata sandi dengan kombinasi angka,huruf,kapital dan karakter (“*&$”%). Disarankan untuk membuat kata sandi yang panjang, minimal 8 karakter. Dengan menggunakan 8 karakter membuat kata sandi dengan kombinasi seperti ini, merupakan salah satu keamanan yang ampuh dan dengan kombinasi kata sandi seperti ini, saya yakin hacker akan membutuhkan waktu 6 tahun untuk memecahkan kata sandi gmail anda, sedangkan kata sandi 9 karakter membutuhkan ribuan tahun untuk membobol gmail anda.
“ Pastikan gunakan private mode / incognito mode saat browsing
  • Dengan menggunakan private mode maka semua aktifitas penjelajahab anda termasuk informasi login tidak akan disimpan oleh browser. Untuk pengguna google chrome anda dapat mengaktifkan private browsing dengan cara tekan Ctrl + Shift + N pada saat anda membuka chrome. Untuk pengguna Mozilla Firefox anda dapat menekan Ctrl + Shift + P pada saat anda membuka browser. Jika anda ingin menutup private mode anda dapat menghapus riwayat jelajah anda dengan menekan Ctrl + Shift + Del di semua browser chrome dan mozilla Firefox.
  • Bahkan dari google sendiri telah memperhatikan benar keamanan dari akun google anda. Hal ini terlihat ketika anda login ke akun gmail menggunakan perangkat yang berbeda. Maka google akan mengirimkan email pemberitahuan ke alamat email anda tentang pemulihan yang kita daftarkan.
Dengan demikian kita dapat mengetahui jika ada seseorang yang akan mencoba dan membuka akun gmail anda dengan menggunakan perangkat atau browser yang berbeda. Beberapa tips di atas dapat anda gunakan untuk  mengamankan akun anda dari serangan hacker yang ingin membobol akun gmail anda, tips diatas juga dapat berfungsi untuk mengamankan akun lain anda seperti sosial media,  gmail, yahoo dan sebagainya. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.             

No comments:

Post a Comment