Ciri-Ciri Blog Yang Tidak Di Sukai Para Pengunjung

Blog salah satu cara kita untuk menulis dan memberikan pengetahuan kepada banyak orang, tetapi dari semua blog yang bermunculan, ada salah satu blog yang di sukai maupun tidak di sukai, yang sering jadi pertanyaan saya sampai saat ini adalah, apakah blog anda disukai banyak pengunjug? Atau mungkin di benci oleh pengunjung ?, dari pertanyaan yang saya sampaikan tadi. Sebenarnya anda sendiri yang bisa menjawab pertanyaan itu, disamping anda sebagai admin  dan pengelola blog tersebut. Saya rasa anda sendiri dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan blog anda.
Tetapi itu saja belum cukup, karena menurut saya baik dan bagusnya blog anda mempunyai pendapat yang sangat berbeda-beda sesuai dengan pengunjung yang sering mengunjungi blog anda. Selain anda harus membuat blog yang  SEO friendly anda juga harus membuat blog anda menjadi Visitor Friendly.
Di pertemuan kali ini, saya akan membahas tentang hal-hal yang tidak di suakai oelh pembaca, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang blogging.

Berikut hal-hal yang tidak di sukai oleh pembaca blog :
Loading halaman blog yang terlalu lama atau bisa di bilang lemot
Hal ini harus anda perhatikan, dimana jika tautan link yang mengarah ke blog anda tapi blog anda mempunyai loading yang sangat sama atau lemot, maka pengunjung tersebut akan menutup tab windows untuk mengarah ke blog anda, di sebabkan pengunjung tersebut merasa bosan dan tidak sabar lagi menunggu halaman yang sangat lama terbuka.
Kecepatan loading halaman blog di setiap pengunjung itu sangat berbeda, tergantung dengan koneksi dan letak geografis pengunjung tersebut. Hal ini sangat bisa menyebabkan loading halaman pada blog akan menjadi terlalu lama, karena blog anda memiliki kapasitas blog yang terlalu berat. Jadi anda bisa memaksimalkan hal ini dengan memperkecil atau membuat ringan ukuran berat blog anda.
Tampilan blog dengan widget melayang
Blog yang memasang widget melayang yang keren blognya. Tanpa ia sadari bahwa widget tersebut dapat menggangu kenyamanan pengunjung yang sedang membaca blog anda. Hal seperti ini harus di cegah. Karena dapa menyebablan pengunjung tersebut langsung pergi dan akan meninggalkan blog anda. Widget yang melayang tersebut bisa berupa fans page melayang dan tombol share melayang, dan itu yang membuat pengunjung malas melihat blog anda.
Tampilan blog dengan iklan yang terlalu banyak
Memasang iklan di blog itu adalah hal yang sangat baik untuk seorang blogger mencari rupiah demi rupiah. Tetapi harus anda perhatikan peletakan iklan yang di pasang, jangan terlalu banyak karena dapat berpengaruh dengan loading blog dan dapat menggangu konsentrasi pengunjung yang membaca blog anda.
Tampilan blog yang tidak rapih
Hal ini harus di perhatikan, karena hal pertama yang akan di lihat pengunjung saat datang ke blog anda adalah tampilan blog anda sendiri. Cba anda baying jika tampilan blog anda tidak rapih dengan pemasangan widget yang tidak tepat, iklan dimana-mana, pasti pengunjung tersebut akan memberikan kesan jelek buat bog anda, karena tidak terawat dan tidak berkualitas.
Hasil Artikel blog hasil dari copy paste
Perhatikan artikel blog anda, jika artikel anda mengandung unsur copy paste, maka pengunjung akan merasa tertipu jika mengetahui bahwa artikel yang anda buat adalah artikel dari milik orang lain yang pernah di baca sebelumnya. Blog dengan artikel yang mengandung copy paste juga tidak disukai pengunjung. Bukan pengunjung saja yang tidak suka dengan artikel anda. Bahkan mesin pencari google juga tidak suka dengan artikel yang mengandung copy paste. Karena menurut mesin pencari google, artikel yang mengandung copy paste tidak termasuk kriteria-kriteria bloga yang tidak di senangi google.
Konten blog anda yang kurang menarik
Konten artikel yang di buat dengan asal-asalan, tidak akan berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung. Saya sarankan, buatlah konten yang dapat membantu permasalahan pembaca dan sesuai dengan topic dari blog anda.
Jarang menulis artikel
Jika anda jarang menuli artikel mungkin hanya beberapa artikel saja yang dapat di baca dan akan membantu permasalahan pengunjung. Jika anda sering menerbitkan hasil artikel-artikel yang berkualitas, blog anda akan semakin memberikan peluang lebar kepada pengunjung untuk menemukan solusi dan masalah mereka.
Blog dengan unsur yang mengandung penipuan
Jika anda membuat suatu blog, janganlah menggunakan link yang tidak relevan, karena itu dapat mengecewakan pengunjung, apalagi link tersebut telah rusak dan error. Unsur penipuan adalah jika judul artikel bertolakan dengan isi artikel itu sendiri. Pastikan anda memeriksa dan memperhatikan semua isi kandungan artikel blog anda.
Seorang admin blog yang kurang ramah terhadap pengunjung
Perilaku anda kepada para pengunjung juga dapat mempengaruhi  blog anda akan sepi dari pengunjung, apalagi jika ada komentar. Jika anda mengabaikan komentar para pengunjung, terutama komentar yang bersifat pertanyaan dan ingin sekali pengunjung mendapatkan penjelasaannya, jika pengunjung blog anda kurang puas dengan pelayanan anda, ini yang akan menyebabkan pengunjung blog anda akan pergi dengan sendirinya.

Demikian lah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat kalian semua, jika anda seorang admin pada blog anda sendiri, perhatikanlah poin-poin di atas dan mulailah memperbaiki jika ada yang kurang dengan blog anda. Jadikanlah mereka sebagai pengunjung tetap anda, pengunjung yang setia menunggu artikel-artikel terbaru anda. Sekian dan terima kasih.

1 comment:

  1. Terimakasih mas,, sarannya. Blog saya masih baru dan masih harus banyak mencari informasi tentang blog. :)
    http://menatapi.blogspot.com

    ReplyDelete