Cara Praktis Menonaktifkan Autorun / Autoplay Pada Sistem Operasi Windows 7

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sekali bercerita tentang bagaimana cara mematikan/menonaktifkan autoplay/autorun pada windows 7. Salah satu untuk meningkatkan kondisi performa kinerja windows 7 adalah dengan cara menonaktifkan autoplay/autorun. Secara garis besar Autoplay/autorun merupakan fitur windows yang dapat berguna untuk membuka file secara otomatis yang berada pada media data (seperti flasdisk/hardisk eksternal/CD/dan lain-lain).

Ada beberapa kelemahan jika fitur autorun windows anda aktif, yaitu :
 
Virus akan dapat mudah menyerang komputer jika autorun windows  7 aktif ketika anda memasukkan CD/Hardisk Eksternal/Flashdisk mengandung virus, maka computer akan terdeteksi virus.

Autorun juga akan menguras memori computer karena windows 7 mengalokasikan memori untuk fitur autoplay
Media yang sering dijadikan penyebaran virus adalah flashsdisk, atau harddisk eksternal. Salah satu bentuk penyebaran yang sering dimanfaatkan virus yaitu melalui autorun, di autorun ini flashdisk akan langsung dibaca tanpa harus dilakukan scan terlebih dahulu oleh antivirus yang telah anda install. Saran saya, sebaiknya anda menonaktifkan/mematikan autorun oada computer anda.
Berikut langkah-langkah cara mematikan atau menonaktifkan autorun dan autoplay untuk windows 7 :

  1. Klik start dan pilih control panel 
  2. Setelah itu pilih Hardware/Sound 
  3. Kemudian pilih Autoplay 
  4. Berikan tanda centang pada Use Autoplay For All Media And Devices, Setelah itu klik save (Simpan)

Mudah bukan, setting autoplay/autorun sudah berhasil dinonaktifkan, jika anda memasukkan CD kedalam CD Player, CD tersebut tidak berjalan secara otomatis.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat anda semua. Semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment