Cara Merubah Permalink Blogspot Tanpa Harus Kehilangan Trafik

Pada saat kita melakukan postingan blogspot, maka akan secara otomatis akan menggenerate permalink “ link permanen “ namun terkandan permalink pada postingan blog tidak sesuai dengan keinginan kita, untuk menyelesaikan masalah ini blogspot menyediakan custom permalink yang bisa merubah susuai dengan keinginan kita, dengan menggunakan custom permalink dapat memberikan kemudahan kepada anda.

Sebenarnya custom permalink hanya dapat digunakan jika artikel blog anda sama sekali belum anda publish, jika artikel anda sudah dipublish maka permalink artikel tersebut tidak akan bisa dirubah lagi untuk selamanya.

Bagi yang sudah paham tentang merubah permalink blogspot munkin akan berfikir “ gampang kok untuk merubah permalink “ tinggal buat permalink baru sesuai dengan permalinknya, dan kopi postingan yang ingin diganti permalinknya kemudian publish dan hapus postingan yang lama, gampang bukan.

Namun jangan salah walaupun isi kontennya sama, namun permalinknya berbeda, itu sama saja merupakan artikel baru di mata mesin pencari, dampaknya akan menimbulkan page not fount 404, atau halaman link yang tidak berfungsi, dan itu sangat jelek di mata mesin pencari.

Bagaimana cara merubah permalink blogspot tanpa harus kehilangan trafik ?

Dengan artikel ini saya akan coba membahas bagaimana cara merubah permalink artikel lama tanpa harus kehilangan trafik, berikut langkah-langkah yang bisa anda pelajari :

a.    Buatlah artikel baru dengan permalink seperti yang anda inginkan, buat juga judul dan isi konten.
b.    Lalu samakan dengan judul artikel sebelumnya.
c.    Terbitkan atau publish artikel yang baru saja anda buat.
d.    Cata pada kedua permalink artikel yang baru dan artikel yang lama.
Anda bisa menghapus ke draft artikel yang baru agar tidak terjadi dublikat konten.
e.    Masuk ke menu pengaturan akun blogspot anda, pilih menu setelan > prefensi penelusuran 
Pada pengalihan khusus silahkan anda edit, bisa anda lihat seperti pada gambar di bawah ini:


f.     Pada pengaturan pengalihan, silahkan pilih tombol “ pengalihan baru “, kemudian masukan permalink.

Sebagi contoh
Dari : masukan /2014/cara-merubah-permlink.html
Kepada          : masukan /2015/cara-merubah-permalink-blog.html
Permanen : silahkan ceklis

g.    Kemudian simpan pengaturan anda, dengan menekan tombol “ simpan perubahan “ terlihat seperti pada gambar di bawah :


Dengan cara tersebut maka setiap kali artikel lama yang sudah dikelanal oleh google, maka akan dialihkan ke artikel baru.

Demikian hasil posting kali ini tentang cara merubah permalink blogspot tanpa harus kehilangan trafik semoga dapat membantu dan menambah wawasan.

No comments:

Post a Comment