Dalam
bisnis online, kepercayaan konsumen merupakan penentu kesuksesan. Semakin
tinggi kepercayaan mereka, maka semakin besar pengaruh positif khususnya
terhadap omzet penjualan. Mengingat, saat berbelanja online pembeli hanya
berlandaskan rasa percaya terhadap apa yang mereka lihat dan informasi dari
sang penjual atau pemilik online shop.
Mereka
tidak bisa melakukan pengecekan produk yang diinginkan secara keseluruhan
seperti saat belanja offline atau pergi ke tokonya langsung.
Cukup melihat-lihat gambar yang ada di website online shop, kemudian mentransfer sejumlah uang dan menunggu barang sampai di rumah. Jika ternyata mereka dibuat kecewa, Maka mereka tak bisa berbuat apa-apa selain komplain. Setelah itu, mereka akan mengumbar kekecewaan mereka kepada orang lain. Akhirnya, online shop anda yang akan dibicarakan, karena rasa kecewa mereka , dan anda akan kehilangan pembeli akibat kehilangan kepercayaan.
Cukup melihat-lihat gambar yang ada di website online shop, kemudian mentransfer sejumlah uang dan menunggu barang sampai di rumah. Jika ternyata mereka dibuat kecewa, Maka mereka tak bisa berbuat apa-apa selain komplain. Setelah itu, mereka akan mengumbar kekecewaan mereka kepada orang lain. Akhirnya, online shop anda yang akan dibicarakan, karena rasa kecewa mereka , dan anda akan kehilangan pembeli akibat kehilangan kepercayaan.
Untuk
menghindari dampak tersebut, para pelaku bisnis online harus pandai menjaga
kepercayaan konsumen. Berikut tips menjaga kepercayaan konsumen agar mereka
tetap loyal terhadap bisnis online Anda.
1. Jaga komunikasi
di
online shop biasanya cukup rewel karena mereka takut akan resiko penipuan.
Jadi, jangan sampai membuat mereka curiga karena Anda susah dihubungi.
Prioritaskan menanggapi pertanyaan mereka baik di sms, aplikasi chatting atau
jejaring sosial. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk menjawab telepon atau
sms mereka dengan cepat, maka konfirmasi setelah Anda tidak sibuk.
2. Beri
informasi yang lengkap dan jelas
Pembeli tentu tidak mau dibuat kecewa setelah
membeli barang dari sebuah online shop. Jadi, beri informasi yang lengkap dan
jelas terkait produk yang dijual. Tapi, jangan berlebihan atau membohongi
mereka. Sekali saja mereka kecewa, mereka tidak akan kembali berbelanja di
online shop Anda.
3. Posting testimoni
dari pelanggan
Cara ini Sangat efektif untuk meningkatkan
kepercayaan calon pembeli. Dalam catatan testimoni tersebut menunjukan bahwa
produk yang dijual tidak mengecewakan baik dari segi kualitas maupun pelayanan.
4. Beri garansi
Garansi yang dimaksud adalah penggantian
terhadap barang yang cacat atau rusak ketika sudah sampai di tangan pembeli.
Dengan begitu, mereka akan beranggapan bahwa Anda bersikap profesional dan 100%
melayani pembeli.
5. Bersikap peduli
Dalam hal ini, Anda perlu melakukan tanya
jawab sederhana terkait produk serta pelayanan yang sudah Anda berikan kepada
pelanggan. Apakah mereka puas atau kecewa. Sehingga, mereka akan merasa
dipedulikan karena Anda bersedia menerima kritik atau saran demi perbaikan ke
depan.
Demikian informasi yang bisa kami sampaikan.
Semoga online shop Anda semakin laris.
No comments:
Post a Comment